Tuesday, January 15, 2013

Model Perilaku Belajar


MODEL PERILAKU BELAJAR
Dalam kehidupan seorang manusia, tidak pernah luput dari namanya pendidikan. Pendidikan sangat berguna dalam menjalani hidup ini. Contohnya tanpa pendidikan, seseorang tidak akan pernah mengenal yang namanya lampu.dll sebagainya. salah satu hal yang penting dari pendidikan adalah mengenai model pelajaran yang akan digunakan, karena tanpa model belajar kita tidak akan pernah menemukan cara yang efektif untuk kita mendapatkan ilmu. Baiklah, sekedar sharing ajah ya. waktu dulu saya mengikuti basic study skill semasa menjadi mahasiswa baru di Universitas Hasanuddin, disitu saya mendapatkan cara bagaimana kita mengetahui model belajar kita, baik itu visual, oral,reading, writing, atau kinesthetic. jadi, jika teman-teman ingin tahu lebih lanjut lagi mengenai model perilaku belajar, silahkan dibaca modul dibawah ini.


PETUNJUK :
Berikut ini, ada sejumlah pernyataan yang dapat menolong anda mengenali preferensi asupan (input) belajar andaselama ini. Artinya asupan yang lebih anda senangi dibandingkan dengan yang lainnya. jadi tidak ada hubungannya dengan kemampuan anda. Anda dimintauntuk membaca setiap butir pernyataan dengan cermat, kemudian memikirkannya sejenak seberapa sesuai pernyataan tersebut dengan diri anda. Tuliskanlah jawaban anda pada kotak yang disediakan dengan mempergunakan angka 1 s/d 5, dengan pengertian sebagai berikut:
                                 1 = sama sekali tidak sesuai
                                 2 = tidak sesuai
                                 3 = tidak jelas, ragu-ragu
                                 4 = sesuai
                                 5 = sangat sesuai






A. Modus Visual / Grafis

1. saya lebih suka menonton video, film, dan TV ketimbang mendengarkan radio ataupun membaca


2. saya menyenangi dosen yang mempergunakan bahasa gerak tubuh dan mempergunakan visualisasi dalam menerangkan dikelas.


3. saya menyenangi belajar dari buku text yang didalamnya banyak diagram, grafik dan gambar-gambar.


4. saya suka memberi garis bawah, highlight dan berbagai symbol ketika membuat catatan


5. saya senang untuk menunjukkan apa yang sudah saya pelajari melalui berbagai gambar dan diagram.


6. Saya senang menerangkan hal-hal baru dengan mempergunakan contoh-contoh yang bersifat visual



TOTAL

B. Modus Auditory/ Oral

7. saya lebih suka belajar dengan cara mendengarkan kuliah para dosen, ketimbang baca sendiri bahan textnya.

8. Saya suka sekali ikut berpartisipasi dalam diskusi kelompok kecil.


9. Saya menyenangi mendiskusikan berbagai topic dan menerangkan gagasan baru kepada orang lain.

10. saya biasanya dapat mengingat cerita atau contoh-contoh yang menarik yang pernah saya dengar.

11. saya lebih senang mengikuti ujian lisan ketimbang ujian tertulis.


12. saya lebih memilih diuji tentang bahan yang saya belajar dari kuliah dan diskusi ketimbang dari text bacaan yang ditugaskan.


TOTAL

C. Modus Reading / Writing

13. saya suka menuliskan banyak catatan  ketika mengikuti kuliah ataupun ketika membaca buku text.

14. Saya senang mempergunakan sumber bacaan yang dikeluarkan oleh perpustakaan ( buku, jurnal, CD-rooms,dsb)

15. saya suka mempergunakan kamus, thesaurus, dan glossary dari buku text yang say abaca.

16. saya dapat lebih banyak belajar tentang suatu topic dengan cara membaca, ketimbang lewat mendengarkan atau mendiskusikannya.

17. saya menyukai ujian tulis (pertanyaan yang minta dijawab dengan pendek maupun panjang).

18.saya suka mengerjakan pekerjaan rumah yang membutuhkan ditulis, seperti misalnya ditugasi membuat suatu essay.


TOTAL

D. Modus Kinesthetic

19. saya suka bekerja di laboratorium, pergi ke lapangan atau melakukan tur.


20. cara terbaik belajar untuk saya adalah dengan cara coba-coba - trial and error


21. saya membutuhkan contoh-contoh kongkrit sebelum saya bisa memahami prinsip-prinsip yang abstrak.

22. saya suka mempergunakan semua indera saya- penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman dan pengecapan manakala saya mempelajari hal baru.


23. saya suka melakukan ujian praktek


24. saya suka ujian yang menanyakan hal-hal yang relevan bagi saya


TOTAL

Jumlahkan jawaban anda pada setiap bagian, kemudian isikan hasil penjumlahannya pada kolom yang sesuai dibawaah ini.
Pilihan Cara Belajar
Total Skor
Arti
A. Visual / Grafis

< 12        = modus yang  < dipilih
13- < 24 = pilihan yang acak
>  24       = modus yang > dipilih
B. Auditory / Oral

C. Reading / Writing

D. Kinesthetic


1 comment:

Semoga bermanfaat...Silahkan komentarnya,,,