Thursday, January 17, 2013

Berwisata Ke Kota Luwuk



Pemandangan kota Luwuk via Wikipedia

Kota luwuk adalah kota yang terletak dibagian timur pulau Sulawesi,  Ibu Kota kabupaten Banggai, Sulawesi tengah. Sebagai ibu kota, kota luwuk banyak memberikan kontribusi dalam sector pariwisata disamping itu terdapat  industri tambang gas. Salah satu mascot kota ini adalah burung maleo (Macrocephalon maleo) yang merupakan hewan endemik pulau Sulawesi. Ini merupakan potensi wisata menarik yang patut anda kunjungi. Selain itu, ada juga biota laut yang merupakan hewan endemik kab.banggai yang bernama latin ikan Banggai Cardinalfish.



Objek wisata yang terdapat di kota luwuk diantaranya, pantai kilolima (terletak di km ke 5) yang memiliki pemandangan pantai dan laut yang menarik. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk sekedar berenang, snorkling, atau menjelajahi laut kilolima menggunakan perahu, ditambah lagi banyaknya kafe-kafe bertebaran yang dapat memanjakan perut anda. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat memukau mata yang melihatnya. 

Selain laut, ada juga tempat rekreasi yang bertemakan aliran sungai yaitu pemandian Sandakan yang terletak di desa Biak dan ada juga tempat wisata pemandian yang bernama salodik yang memiliki aliran air sungai yang jernih ditambah dengan pemandangan hutan pinus yang menawan. tempat ini terletak  didataran tinggi.

Masih banyak lagi tempat wisata yang terkenal dikota ini, jadi daripada penasaran silahkan mengunjungi kota luwuk. Untuk pergi ke kota ini, anda dapat menggunakan transportasi darat,laut, dan udara. untuk transportasi udara, bagi anda yang berada didaerah luar pulau Sulawesi jangan khawatir karena sudah banyak penerbangan yang tersedia  untuk rute ke Luwuk dengan transit dari bandara internasional Kota Makassar lanjut ke kota luwuk, yaitu Bandar udara Syukuran Aminuddin Amir. Di sini juga banyak tersedia tempat penginapan-penginapan  dan hotel bertaraf bintang lima yang memiliki fasilitas lengkap. 

Jangan pernah lewatkan untuk mencicipi makanan yang sering ditemukan ditempat ini, aneka kue khas seperti kue perahu-perahu, lopis, jepa dan makanan berat seperti milu siram yaitu berupa jagung yang telah diserut ditambah kuah kental gurih dan pedas. Ada juga pisang lowe yang tidak bisa ditemukan di kota-kota lain. Pisang  ini digoreng sampai garing tanpa tepung ditemani dengan sambal ikan rowa. Banyak kafe-kafe menawarkan makanan ini. Salah satu yang terkenal yaitu kafe yang terletak  di bukit kasih  sayang, kalian juga bisa menikmati indahnya pemandangan kota Luwuk dari atas sini, khusunya disaat malam hari. Letaknya di dataran tinggi namun tidak terlalu jauh dari pusat kota. 

Bagi kalian yang suka berbelanja,  kota luwuk memiliki fasilitas-fasilitas lengkap mulai dari tempat belanja, tokoh oleh-oleh, pasar dan lain-lain.
Banyak orang yang mengatakan kota Luwuk dijuluki Hongkong ke dua. Hal  ini dikarenakan dimalam hari kota luwuk memiliki pemandangan lampu-lampu bangunan  yang indah sehingga konon katanya keindahanya seperti Hongkong di malam hari.

Itulah tadi seputar Kota Luwuk yang banyak memiliki potensi wisata yang menakjubkan. Daripada penasaran, jangan lupa untuk menjadikan kota Luwuk menjadi destinasi wisata anda ya.





1 comment:

Semoga bermanfaat...Silahkan komentarnya,,,