Thursday, September 1, 2016

Beberapa Hal yang Sebaiknya Dihindari Bagi Anda yang Berjerawat

Kulit yang berjerawat bisa dikatakan adalah jenis kulit yang sensitif dan butuh perhatian lebih. Penanganan yang salah terhadap kulit berjerawat dapat menimbulkan efek buruk yang bertambah. Tidak jarang Anda melakukan hal-hal yang tanpa di sadari malah akan menambah efek buruk kulit berjerawat misalnya pemakaian produk facial wash yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau pemakaian cream wajah yang berlebihan untuk menutupi jerawat. Itu baru beberapa hal kecil yang sebaiknya dihindari. Berdasarkan pengalaman sendiri yang pernah berjerawat dan orang-orang yang punya kasus yang sama ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari bagi Anda yang berjerawat: 

1. Terlalu sering mencuci muka


Bisa ditebak, orang-orang beranggapan bahwa sering mencuci muka dapat membersihkan wajah secara maksimal sehingga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Coba dipikirkan, terlalu sering mencuci berarti ada aktifitas menggosok yang rutin sehingga kulit akan mengalami pengelupasan yang terlalu cepat (erosi kali yaa..) bisa jadi kuit wajah akan mudah iritasi yang memungkinkan mudahnya bakteri penyebab jerawat akan menginfasi kulit (Kulit yang berjerawat akan menambah parah penyebaran jerawat jika malakukan hal ini). Selain itu, kulit akan mudah kering karena dapat menghilangkan kelembapan kulit dan akan tambah berminyak (berminyak merupakan respon kulit terhadap kulit yang kering). Sebaiknya mencuci muka dengan menggunakan facial wash dilakukan 2 kali yaitu pagi hari dan malam sebelum tidur. Jangan khawatir jika takut kulit akan kusam, cukup dengan berwudhu sudah dapat membuat anda tidak kusam (ini ampuh coba lihat orang yang setelah wudhu dan sholat wajahnya akan bersinar :))  

2. Menggunakan produk facial wash yang tidak sesuai 

Haram hukumnya bagi anda yang punya kulit sensitif untuk menggunakan produk facial wash yang memiliki butiran kasar (srcub), jangan terpancing iklan (pengalaman pribadi). Scrub dikhawatirkan akan mengakibatkan iritasi bagi kulit. Gunakanlah produk yang lembut atau lebih dikenal dengan facial foam. Busa lembutnya dapat membersihkan kotoran-kotoran pada wajah tanpa megakibatkan iritasi (..asalkan gosoknya pelan-pelan juga kan...). Penting juga untuk menggunakan facial foam yang memiliki pH normal atau untuk kulit normal, berdasarkan pengalaman justru pH normal lah lebih baik bagi kulit yang sensitif, ini benar atau tidak ya tapi berdasarkan pengalaman pribadi saat memakai produk facial wash untuk kulit berminyak sangat berbeda dengan yang normal, memakai yang ber pH normal lebih nyaman dan lembut serta setelah pemakaian kulit tidak kering. Intinya jangan pernah memaksakan/membebani kulit sensitif Anda dengan produk yang berat (ehhh). 

Baca juga nih: 
Produk Facial Foam berbahan dasar Virgin Coconut Oil
Manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan kulit


3. Mengeringkan wajah sehabis mencuci muka menggunakan handuk atau kain.

Niatnya mau cepat-cepat kering dengan menggunakan handuk badan yang sering digunakan setelah mandi. Jangan lakukan itu! Wajah sensitif mudah diinfasi oleh bakteri penyebab jerawat selain itu serat kain yang kasar akan menambah iritasi kulit yang sensitif (berjerawat). Ada baiknya Anda membiarkan wajah Anda kering alami (berarti harus sabar menunggu wajah kering). Kering maksudnya tidak ada lagu butir-butir air di wajah atau tidak merasakan aliran air bercucuran dari wajah (ehh). Jika Anda punya niat menggunakan handuk, gantilah menggunakan handuk yang bertekstur lembut dan berukuran kecil (khusus wajah) atau pisahkanlah mana untuk wajah dan badan. Selain itu sering-seringlah mengganti handuk wajah tsb dengan yang lain atau mencucinya, keringkanlah setelah dipakai agar kuman tidak tidur dihanduk tsb (sepertinya ribet..).
 


4. Tidur dalam keadaan wajah kotor atau tidak mencuci muka.

Sebelum tidur sebaiknya benar-benar membersihkan wajah dari kotoran yang menempel setelah seharian penuh beraktifitas. Gunakanlah produk facial foam yang berbahan dasar alami ya!



5. Saat Tidur wajah dalam keadaan Basah

Kadang Anda malas untuk mengeringkan wajah setelah mencuci muka dan langsung tidur. Hal ini patut dihindari. Debu akan mudah menempel pada wajah saat wajah dalam keadaan basah atau berminyak, sehingga akan memperparah kondisi wajah Anda.

6. Menggunakan Cream Malam

Jangan pernah menggunakan cream malam bagi Anda yang punya kulit sensitif. Cream malam akan menutupi pori-pori wajah sehingga bisa dipastikan akan menumpuk pada kulit Anda semalaman. Selain itu, banyak yang berbahan dasar minyak sehingga akan membuat wajah Anda berminyak. Wajah yang berminyak mudah diserang oleh bakteri penyebab jerawat. Kotoran-kotoran yang ada di kamar Anda akan mudah menempel pada wajah Anda.

Itulah beberapa Hal yang dihindari bagi Anda yang berjerawat, pada intinya jangan pernah membebani kulit wajah Anda, penyembuah jerawat memang tidak instan dan membutuhkan  proses. Fokuslah dulu pada peradangan supaya cepat sembuh dengan membiarkan jerawat tsb matang artinya keluar sendiri (semacam nanah), guanakanlah facial foam untuk membersihkan, dan jangan pernah menyakiti wajah Anda ya. Gunakanlah yang berbahan dasar alami seperti vco (virgin coconut oil) selain itu dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang menjadikan jerawat Anda cepat kering. Jangan lupa iringi juga dengan Doa, jangan pernah lupakan Kuasa Allah dalam setiap kegiatanmu ya :)


Semua itu berdasarkan pengalaman dan pengatahuan yang didapatkan. Silahkan dikoreksi dan mari sharing pengalamanmu di kolom komentar :)



 

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat...Silahkan komentarnya,,,