Sunday, January 14, 2018

Ingin membuat film? Belajar Script writing dulu!


Film Making via SAE Id

Dalam membuat sebuah film, baik itu film pendek maupun film pada  umumnya, membutuhkan keahlian dari berbagai macam profesi. Pekerjaanya yang tidak mudah dan dituntut bekerja secara sistematis agar tercipta film yang baik. Adapun cara membuat film yaitu dimulai dari langkah awal seperti  mencari ide sampai  pengambilan gambar dan editing. Berikut ini gari-garis besar cara membuat  film:


  1. Menyiapkan ide dan script yang baik
  2. Riset awal, seperti latar belakang atau tempat
  3. Membuat visualisasi berupa gambaran suatu adegan akan diambil
  4. Mempersiapakn kru dan pemain film
  5. Mempersiapkan perlengkapan dasar
  6. Pengambilan gambar dan proses editing


Salah satu yang menjadi point penting dalam membuat film adalah script writing atau penulisan naskah. Script writing adalah seseorang yang bertugas menulis skenario jalan cerita, plot, dan dialog sehingga menghasilkan suatu tayangan  yang layak ditonton dan memiliki pesan dari tayangan tersebut seperti film, drama, sineton, atau berupa iklan. 

Script writing merupakan profesi yang termasuk dalam industri kreatif.  Industri pertelevisian, periklanan ataupun perfilman membutuhkan sebuah tayangan untuk menawarkan sebuah cerita ataupun produk mereka yang pastinya selalu membutuhkan profesi script writing. Tanpa profesi ini, sebuah cerita dari film tidak mungkin tersampaikan atau terkesan mengada-ada.  Oleh karena itu, selagi industri kreatif di Indonesia berkembang pesat maka pasti seorang script writing akan selalu dibutuhkan.

Menjadi seorang yang ingin menjadi script writing haruslah mereka yang memiliki minat dalam menulis, setidaknya minat manjadi hal penting, disamping hal-hal berikut ini yang harus dimiliki:

1. Paham aturan penulisan pada umumnya.
Seperti syarat menulis pada umumnya, seorang penulis naskah haruslah mengerti kaidah penulisan yang baik dan mampu menyusun sebuah jalan cerita. Dalam naskah film juga mempunyai format khusus, oleh karena itu kalian harus paham aturan penulisannya.

2. Memiliki daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi
Imajinasi sangat dibutuhkan karena menulis berupa cerita maka bagaimana cerita itu berjalan, karakter tokohnya seperti apa dan latar belakangnya haruslah mampu dibayangkan. 

3.  Suka riset
Imajinasi dan kreatifitas seorang penulis naskah muncul karena kebiasanya yang suka mencari apa-apa yang lagi trend di masyarakat, sering menonton film, dan sering keluar mencari inspirasi sehingga menjadi referensinya dalam menulis cerita. 

4. Ketekunan yang tinggi

Kelihatan mudah namun pada prakteknya harus bekerja keras menghasilkan sebuah naskah, apalagi jika naskah film yang berdurasi panjang maka naskah atau script pasti akan panjang, prosesnya pun berhari-hari. Namun, hasil yang didapatkan akan besar pula karena gaji seorang penulis skenario (scipt) tidaklah sedikit, biasanya diupah cerita per episodenya atau satu judul naskah.

Jika kalian berminat dalam dunia sript writing, kalian bisa mengasah kemampuan kalian dengan belajar sendiri atau mengikuti program pendidikan script writing dalam jangka waktu singkat.  Salah satu institut yang menawarkan program ini adalah SAE Institute Jakarta
 
Belajar Film SAE Institute Jakarta
SAE Institute Jakarta menawarkan berbagai program di industri film, tidak hanya script writing, kursus singkat lainnya seperti short film production, cinematography, dan video editing, bahkan terdapat juga program diploma dan sarjana untuk kalian yang ingin mendapatkan gelar yang tinggi dan gelar tersebut divalidasi oleh Middlesex University London. 

Menjadi seorang yang mendalami script writing perlu juga memahami dasar-dasar tentang industri  perfilman, jadi tidak perlu khawatir untuk mengambil programnya. Kalian akan bisa membuat film yang baik nantinya setelah mengambil kursus ini. Sedangkan bagi kalian yang sudah berpengalaman tapi belum memiliki latar belakang pendidikan ini, kalian bisa mengambil program yang disediakan oleh SAE Institute Jakarta sehingga meningkatkan pengetahuan kalian dan meningkatkan karir kalian nantinya.


Selamat membuat film !

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat...Silahkan komentarnya,,,