Monday, January 15, 2018

Peluang karir dalam bidang audio production: peluang menghasilkan dan menjual lagu hits


Program Audio via SAE Id

Perkembangan teknologi sekarang ini semakin maju. Berbagai industri yang ada tidak segan-segan memanfaatkan teknologi tersebut, termasuk dalam industri musik. Kemudahan teknologi dalam industri tersebut membuat banyak orang yang ada di dunia termasuk di Indonesia berbondong-bondong dimudahkan dalam menghasilkan berbagai karya karena semakin banyak pula penikmat musik yang ada. Misalnya berbagai lagu turut diciptakan melalui teknologi canggih dan banyak yang menjual lagu tersebut kemudian menjadi hits dipasaran. 

Untuk bisa menghasilkan sebuah karya lagu, diperlukan berbagai pihak yang terlibat di dalamnya karena tidak hanya lirik lagu namun berbagai bidang lainnya juga. Oleh karena itu munculah berbagai profesi yang saling melengkapi dalam industri kreatif ini, contohnya pada bagian marketing yang bertugas membuat sebuah langkah penting dalam memasarkan/menjual lagu kepada berbagai pihak. Salah satu bidang yang ikut berperan penting dalam menghasikan sebuah lagu hits yaitu pada bagian audio atau yang dikenal dengan audio production.
 
Audio production merupakan produksi yang bergerak dalam bidang audio musik, mixing, mastering, dan recording yang tujuanya untuk didengarkan dan dinikmati oleh para pendengar karena adanya keselarasan harmoni yang dihasilkan oleh beberapa alat penghasil irama dan suara, tidak hanya musik saja, namun dalam bidang radio, atau berupa kata-kata (verbal) juga memanfaatkan bidang ini. Manfaatnya pun beragam baik dari segi hiburan, pendidikan, ataupun promisi/periklanan. 

Walaupun sekarang berbagai parangkat baik lunak maupun keras banyak beredar untuk mempermudah dalam bidang audio, tidak sebanding dengan sumber daya manusianya yang bersertipikat padahal berbagai aspek masih sangat membutuhkan bidang audio. Oleh karena itu, peluang karir dalam bidang audio production ini masih sangat besar. 

Berikut ini beberapa peluang karir dalam bidang audio production:

1. Teknisi Audio (Audio Engineer)
Merupakan profesi yang mengoperasikan berbagai peralatan audio, merancang, membangun, dan memperbaiki alat-alat audio.

2. Teknisi Rekaman (Recording Engineer)
Profesi yang paham teknik-teknik merekam, mengedit, dan mencampur (mixing) dengan berbagai perangkat lunak profesional.

3. Teknisi Mixing (Mixing Engineer)
Profesi yang memahami berbagai teknik mixing audio multitrack.

4. Teknisi Suara Langsung (Live-sound Engineer)
Profesi ini berurusan dengan live sound meliputi perencanaan, instalasi (speaker, kabel, dan lain-lain) dan mixing sound dalam suatu pertunjukkan.

5. Produser Musik
Profesi ini bertanggung jawab dalam segala aspek produksi audio, oleh karena itu posisi ini sangat paham dengan tugas dan tanggung jawab bidang yang lain.

6. Pasca-produksi Audio
Profesi ini bertanggung jawab terhadap tahap penyelesaian akhir (finishing).

7. Mastering Engineer
Profesi ini bertanggung jawab pada proses akhir audio pada berbagai medium.

8. Teknisi Siaran (Broadcast Engineer)
Dalam hal ini menangani berbagai aspek teknis dan operasional dalam bidang broadcast.

9. Pelatih Industri Profesional
Jika kalian sudah lama bekerja di bidang audio, kalian bisa mengembangkan karir sebagai pelatih industri profesional.

10. Manajer Hiburan
Kemampuan dalam bidang audio ditambah pengalaman bekerja dalam bidang tersebut melatih kalian bagaimana mengelola sebuah industri hiburan, khususnya mengolah audio yang baik.

11. Manajer Studio
Banyaknya calon musisi yang tertarik dengan musik bisa dijadikan sebagai peluang untuk membangun studio musik, kalian sebagai manajernya. Kalian dapat memperoleh keuntungan jasa setiap kali mereka menggunakanya untuk tempat latihan atau untuk rekaman lainnya. 

12. Konsultan Industri Musik
Kemampuan yang hebat dan jam terbang yang sudah dikenal oleh banyak orang bisa membuat kalian menjadi konsultan dalam industri musik khusunya dalam mengolah audio. Orang akan meminta jasa kalian untuk membantu mereka mengatasi segala permasalahanya dalam industri musik.

13. Pengusaha Media Digital
Tidak menutup kemungkinan kalian  menjadi pengusaha hebat yang memiliki berbagai macam usaha dibidang media digital misalnya memiliki beberapa jenis usaha di atas. 

Itulah tadi berbagai peluang karir dalam bidang audio production. Kabar baiknya adalah bagi kalian yang ingin mendalami bidang audio production, misalnya ingin menghasilkan berbagai jenis lagu dan memasarkan/menjual lagu tersebut agar mendapatkan penghasilan yang menggiurkan atau bagi kalian yang ingin menjadi profesional dalam bidang elektronik musik,  kalian bisa memilih berbagai program audio production di lembaga khusus dalam pendidikan media kreatif yaitu SAE Institute Jakarta.
 
Program Audio di SAE Institute Jakarta
SAE Institute Jakarta menawarkan berbagai program unggulan mulai dari tingkat sarjana, diploma, maupun program pelatihan lainnya, tidak hanya bidang audio, namun berbagai bidang kreatif seperti animasi, film dan bisnis musik dengan fasilitas kelas dunia. Kampusnya yang terletak di Jakarta juga menawarkan beberapa program yang bisa diambil di luar negeri karena SAE memiliki banyak kampus di 28 negara, gelar sarjananya divalidasi oleh Middlesex University London. SAE Institute Jakarta memastikan lulusanya mempunyai kualifikasi yang diakui secara internasional dan keterampilan industri yang relevan serta memiliki keunggulan kompetitif. Menarik bukan peluang karir dalam bidang audio production ini ? 



No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat...Silahkan komentarnya,,,