Monday, January 15, 2018

Beberapa Keterampilan Dasar dalam Membuat Animasi


Pembuatan animasi via SAE Id

Sejak kecil kita sering disuguhkan berbagai macam film animasi. Tayanganya yang unik, menghibur, dan imajinatif cocok dinikmati oleh kalangan anak-anak hingga remaja bahkan sampai kalangan dewasa. Animasi menyajikan tayangan yang lebih mencerminkan kehidupan real dengan efek yang dilebih-lebihkan dan terdapat beberapa adegan yang sebenarnya tidak patut untuk ditiru. 

Meskipun begitu, animasi dapat dijadikan sebagai sarana hiburan, pendidikan, dan periklanan yang unik sampai sekarang ini masih tetap eksis. Oleh karena itu, animasi termasuk juga dalam industri kreatif. Industri kreatif di Indonesia terus tumbuh dan berkembang sehingga bekerja di bidang ini sangat menjanjikan. Seorang animator atau pembuat animasi haruslah mereka yang paham beberapa keterampilan dasar dalam membuat animasi

Berikut ini akan dijelaskan beberapa keterampilan dasar dalam membuat animasi:

1. Basic drawing
Basic drawing merupakan keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan oleh para animator. Selain itu Basic drawing digunakan juga di berbagai bidang insdustri visual lainnya seperti arsitektur, ilustrasi, desain game, desain produk, fashion, dan lain-lain. 

Jika kalian paham basic drawing ini, kalian akan mudah membentuk suatu pola sebagai cikal bakal dari suatu objek. Objek tersebut memiliki karakteristik sama seperti objek di kehidupan nyata, artinya seorang animator mampu memberikan sentuhan perasaanya yang peka terhadap lingkungan sekitarnya. Contohnya, saat menggambar pohon seorang animator memberikan bayangan pohon tersebut dan juga ranting pohon yang bergoyang tertiup angin, memberi kesan nyata pada gambar. 

Mempelajari basic drawing juga diharapkan dapat membantu kalian nantinya dalam menggambar secara spontan dan memperluas referensi berbagai macam gaya artistik sesuai dengan perspektif yang tepat misalnya bentuk 2D atau 3D. Animasi memerlurkan gambar yang dinamis, terdapat perubahan (tidak tetap) sehingga mempelajari basic drawing sangat baik untuk kalian. 

2. Akting
Jika sudah paham basic drawing, akan memudahkan kalian mempresentasikan suatu ekspresi dari objek misalnya makhluk hidup ke dalam yang menjadi bagian hidup dari scene animasi. Sehingga penonton dapat memahami maksud dari setiap gerakan yang akan ditampilkan. Oleh karena itu, animator harus mampu membuat objeknya terlihat hidup dengan memahami akting. Kalian bisa memperhatikan objek-objek yang ada di sekitar kalian bahkan kalian sendiri bisa dijadikan sebagai objeknya.

Kemampuan menulis sebuah adegan atau jalan sebuah cerita termasuk bagian yang penting dalam animasi. Cerita yang baik akan menghasilkan animasi yang baik sehingga orang-orang tidak hanya menikmati kualitas objeknya saja namun kualitas ceritanya juga. Bisa jadi jika animasi kalian terdapat kekurangan namun tidak halnya dengan kualitas sebuah cerita yang orang lain mungkin lebih mementingkan hal itu. Cerita membawa orang yang menontonya terhanyut/terlibat emosi atau perasaan dalam konflik yang ada di dalamnya.

4. Software
Animasi sangat bergantung pada sebuah software. Berfungsi seperti alat untuk memudahkan kerja animator dalam menghasilkan bagus tidaknya suatu animasi. Software membantu memberikan gerakan hidup dari objek dengan berbagai toolsnya.  

5. Prinsip dasar Animasi
Satu hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah memahami prinsip dasar animasi itu sendiri. Setidaknya terdapat 12 prinsip dasar yang menjadi pedoman animator agar dapat menghasilkan animasi yang berkualitas. Prinsip dasar animasi tersebut menjelaskan berbagai macam teori meliputi dasar gerakan, timing, visual, dan lain-lain.

6. Teori warna
Selain tentang teori komposisi, kalian juga harus memahami teori warna agar dapat menghasilkan animasi yang baik. Teori warna sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis warna yang bisa dipasangkan dalam suatu objek sehingga menghasilkan visualisasi yang bagus dipandang. 

Jika kalian ingin memulai karir dibidang animasi, tidak salahnya untuk memulai mempelajari hal-hal dasar seperti basic drawing sampai tahap pembuatan visual efeknya. Sekarang terdapat program kursus pendek yang bisa kalian pilih untuk memahami dan mengaplikasikan terkait animasi yang tersedia di SAE Institute Jakarta, mulai dari kursus pendek basic drawing, basic 3D modeling, sampai tersedia juga program diploma dan S1 dalam bidang animasi.
 
Program Sekolah Animasi di SAE Institute Jakarta
SAE Institute Jakarta membantu kalian untuk mengejar mimpi berkarir di bidang industri kreatif. Disamping memiliki fasilitas yang menunjang, pembelajaranya juga menyenangkan. Jadi, segera dapatkan keterampilan untuk berhasil dalam industri ini dengan memilih sekolah animasi SAE Institute Jakarta.

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat...Silahkan komentarnya,,,